Fakta Mencengangkan Dibalik Gejala Sariawan yang Anda Derita


Fakta Mencengangkan Dibalik Gejala Sariawan yang Anda Derita
Gejala Sariawan

Gejala Sariawan bisa membuat seseorang menjadi tidak nyaman dengan rasa nyeri yang ada diarea sekitar mulut dan lidah. Sariawan bisa menyerang siapa saja tidak pandang usia baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Penyakit ini memang tergolong sepele, namun jika tidak diobati dengan tepat maka bisa menjadi penyakit serius dan tidak segera sembuh.
Dalam istilah medis sariawan disebut dengan stomatitis aftosa. Biasanya sariawan ini berwarna putih atau kuning dengan bentuk oval atau bulat. Penyakit ini termasuk tidak menular namun pada beberapa kasus, sariawan disebakan oleh infeksi virus. Sariawan bisa disebabkan karena beberapa hal seperti mengalami cedera pada area mulut.
Selain itu gejala sariawan juga disebabkan oleh perubahan hormon, akibat kondisi medis tertentu serta efek samping dari pengobatan tertentu. Sariawan tidak perlu mendapatkan pengobatan jika tidak parah, namun pada kasus sariawan yang menjadi indikasi penyakit tertentu maka harus mendapatkan pertolongan tim medis.
Penyebab Sariawan yang Sering Diabaikan
Ada beberapa penyebab yang sering diabaikan oleh penderita sariawan yaitu sebagai berikut:
1.      Kurang Minum
Sariawan bisa terjadi karena tubuh kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. Kondisi seperti ini akan membuat area mulut menjadi kering sehingga timbul luka-luka kecil yang berpotensi menjadi sariawan.
2.      Kelebihan Vitamin C
Masyarakat beranggapan bahwa  sariawan disebabkan karena kekurangan vitamin  C. Pada faktanya kekurangan vitamin C bukan menyebabkan sariawan melainkan menyebabkan peradangan pada gusi. Justru akibat kelebihan vitamin C yang menyebabkan timbulnya gejala sariawan.
3.      Menular melalui ciuman
Berhati-hatilah jika Anda sedang terserang sariawan terlebih disebabkan oleh infeksi herpes. Karena sariawan jenis ini bisa menular melalui ciuman yaitu air liur yang  telah terkontaminasi oleh bakteri serta virus bisa dengan mudah berpindah.
Untuk mencegah timbulnya sariawan hendaknya kita  selalu menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Pada umumnya sariawan bisa sembuh selama beberapa hari saja hingga satu minggu. Namun jika Anda menderita sariawan selama berminggu-minggu maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter agar diketahui apakah ada penyakit lain yang menyebabkan gejala sariawan tersebut.

Berlangganan update info loker terbaru terbaru via email:

0 Response to "Fakta Mencengangkan Dibalik Gejala Sariawan yang Anda Derita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel